Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Warga Kecamatan Ciampea Tidak Meninggalkan Nilai-nilai Warisan Leluhur - Teras Ciampea

Warga Kecamatan Ciampea Tidak Meninggalkan Nilai-nilai Warisan Leluhur

Ibu Yayah berjilbab Biru
Klapanunggal (Ciampea) - Ketika  kang Sapto, kang Agus, dan kang Siswanto berkunjung ke salah satu desa di Kecamatan Kemang, Kab. Bogor, tampak masih asri, meskipun kurang lebih 1 km dari desa tersebut sudah sangat perkotaan.

Desa yang masih kental menjaga nilai-nilai Kearifan Lokalnya ini, dapat terlihat dari struktur pemukiman dan interaksi sosial diantara mereka. "Betah rasanya kita berlama-lama dan bercengkrama dengan masyarakat setempat." imbuh Sapto dan Agus
"Mereka tahu kalau kang Sapto adalah caleg DPR RI, dan kang Agus adalah caleg DPRD Provinsi, tapi mereka sama sekali tidak transaksional seperti beberapa desa yang sudah kami kunjungi. Bahkan mereka malah menyuguhkan kami kopi dan makanan ringan." jelas para Caleg tersebut

Ibu Yayah sebagai tuan rumah yang kebetulan dituakan di lingkungan itu, membuka pembicaraan, dan memberikan wejangan pada para Caleg, bahwa semoga menjadi wakil rakyat yang amanah, jangan pas sudah jadi, melupakan kami yang memilih.
Ngeriung bersama kang Udet ketiga dari kiri.
Menurut Sapto, mereka pantas menasehati kami, dan memang seharusnya begitu adanya, karena kami akan menjadi wakil mereka kelak, dan yang paling penting, kami datang sebagai caleg, diterima juga sebagai layaknya tamu, bukan Robin Hood yang datang membagi-bagi uang hasil jarahan.
"Mereka memanusiakan kami layaknya tamu, bukan sebagai Robin Hood yang akan bagi-bagi uang hasil jarahnannya." pungkas Sapto

Agus pun menambahkan pengalamannya, "saat saya datang ke sebuah desa, belum duduk pun saya sudah dihadang dengan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat transaksional. Desa ini memang masih menjunjung nilai-nilai Kearifan Lokal, makanya kami dimanusiakan di sini." jelas Agus begitu panggilan akrabnya.

Nah kalau sudah begini, kami pun sebagai caleg menjadi lebih semangat untuk mengabdikan diri kepada warga Kabupaten Bogor, seyogyanya masih banyak yang memiliki dan memegang teguh nilai-niai Kearifan Lokal.

Sebagai masyarakat mereka memiliki empati terhadap lingkungan sekitar, hal ini terlihat masih adanya kehidupan alam sekitar yang asri, ditambah adanya peternakan kambing keluarga dengan pola titip pelihara, dan bagi haril.

Sapto Satrio Mulyo (Caleg DPR RI No. 8) dan Agus Pranoto (Caleg DPRD Provinsi dari Partai NasDem No. 4), tampak sangat terkagum-kagum melihat Desa yang menjaga nilai-nilai Kearifan Lokal tersebut. 

Kang Siswanto yang mengusulkan pada kedua Caleg tersebut untuk berkunjung ke Desa tersebut,
selain mengenal persis situasi dan kondisi di Desa tersebut, ternyata kang Siswanto adalah teman baik kang Udet, anak dari tuan rumah yang menerima kunjungan kedua caleg tersebut.  (SSM & AP)